Selasa, 14 Desember 2010

Osteoporosis Juga Intai Kaum Pria

 
Penyakit osteoporosis tak hanya menyerang kaum wanita saja. Pria pun dapat terserang. Namun memang jumlah penderita wanita lebih banyak dibanding pria.
 
Osteoporosis merupakan penyakit keropos tulang. Penyakit ini menyebabkan tulang menjadi lemah, rapuh, dan mudah patah.
"Di dunia, 1 dari 3 wanita di atas 50 tahun akan menderita patah tulang akibat osteoporosis. Sedangkan untuk pria, 1 dari 5 terserang osteoporosis. Jadi jangan pikir pria tidak terkena," kata Dr Tanya Rotikan SpKO di Pondok Indah Mal II, Pondok Indah, Jakarta Selatan, Kamis (24/1/2008).
 
Tanya menjelaskan, yang penting saat ini pencegahan dengan asupan kalsium. "Asupan kalsium di Indonesia masih rendah, yakni 270 mg per hari. Padahal normalnya tubuh perlu 1.000 hingga 1.200 mg," ujar dia.
 
Sementara ahli tulang Dr Briliantono SpOT FICS MD PhD MBA mejelaskan, kaum wanita pada usia 43-48 tahun banyak menunjukkan menderita osteoporosis.
 
"Ini disebabkan pola hidup sekarang seperti banyak makan junk food, makanan instan. Bahkan wanita juga banyak yang merokok. Selain itu bisa disebabkan kurang bergerak dan jarang berolahraga," ujar dia.
 
Menurut Brilian, untuk penderita osteoporosis wanita mengalami kesulitan dalam penyembuhannya. Alasannya, pada wanita ada hormon yang mempengaruhi pemompaan kalsium.
 
"Untuk wanita yang belum menopause, hormon estrogen progesteron masih seimbang. Pada saat menstruasi, hormon progesteron naik, sehingga kalsium keluar. Dan pada saat tidak menstruasi, hormon estrogen yang tinggi dan kalsium masuk dalam tulang," jelas dia.
Sumber: detikcom

Tidak ada komentar:

Posting Komentar