Selasa, 14 Desember 2010

10 Tips Mencegah Penyakit Infeksi


Setiap tahun, jutaan orang di seluruh dunia meninggal karenapenyakit infeksi. Penyakit infeksi adalah penyakit yang disebabkan oleh virus,bakteri, parasit dan jamur. RS Khusus Infeksi Prof Dr Sulianti Saroso mencatatbeberapa penyakit infeksi yang paling berbahaya di Indonesia antara lain:antrax, demam berdarah, demam chikungunya, diare, filiariasis, flu burung, flusingapura, hepatitis, leptospirosis, malaria, pneumonia, polio, SARS, sapigila, Steven-Johnson Syndrome (infeksi saluran nafas), dan tuberkulosis.
Berbeda dengan penyakit degeneratif seperti hipertensi, penyakit jantung, diabetes, asam urat dan lainnya, penyakit infeksi sebenarnya lebih mudahdicegah bila kita disiplin menerapkan langkah-langkah pencegahan. Berikutadalah beberapa tips untuk mencegah Anda terkena penyakit infeksi:
§ Sering mencuci tangan.
 Mencucitangan membantu menghilangkan kuman yang Anda dapatkan dari binatang, tempatkotor, atau benda-benda terkontaminasi. Anda terutama sangat disarankan untukmencuci tangan sebelum, selama dan sesudah menyiapkan makanan, sebelum makan,setelah menggunakan kamar mandi, dan setelah memegang binatang.
§ Rutin membersihkan danmensterilkan lantai dan permukaan, terutama di dapur dan kamar mandi.
Sabun dan air biasanya cukup untuk membersihkan kedua tempatitu, tetapi akan lebih aman bila juga menggunakan desinfektan.
§ Jauhi penderita penyakityang mudah menular melalui kontak,
misalnya flu, cacar air atau belekan. Bila Anda tidak dapatmenghindarinya, berhati-hatilah agar tidak menyentuh wajah Anda dengan tangansebelum Anda mencucinya.
§ Cegah perkembangbiakannyamuk demam berdarah dan nyamuk lainnya
 dengangerakan 3M Plus (Menguras, Menutup, Mengubur dan Menggunakan anti nyamuk).Pastikan tidak ada air yang menggenang di rumah Anda, kuras kamar mandi secarateratur, tutup tempat-tempat yang berpotensi mengumpulkan air dan kubur botol,pot, tempayan dan benda-benda penampung air lainnya.
§ Masak dan sajikan makanandengan aman. 
Ketahuilah makanan mana yang harus selalu disimpan di kulkas.Jangan biarkan makanan yang mudah basi seperti susu segar, bakso, nuget ayam,dan lainnya di tempat terbuka lebih dari dua jam. Tutuplah makanan dengan rapatagar tidak dihampiri lalat. Cucilah buah-buahan dan sayuran mentah denganbersih. Masaklah daging, ayam dan telur sampai betul-betul matang. PastikanAnda membelinya dari sumber yang terpercaya. Daging yang bersumber tidak jelasdapat membawa penyakit antrax dan flu burung yang sangat berbahaya.
§ Dapatkan imunisasi.
Pastikan bayi Anda mendapatkan semua imunisasi yang dibutuhkansesuai jadwal. Bila Anda bepergian ke daerah yang rawan, dapatkan imunisasiyang tepat sebelum Anda berangkat ke sana. Jamaah haji wajib mendapatkanimunisasi meningitis sebelum berangkat.
§ Gunakan antibiotik denganbijak. 
Flu, demam berdarah, dan infeksi virus lainnya tidak dapatdiobati dengan antibiotik. Bakteri dapat menjadi resisten bila Anda mendapatkanantibiotik pada saat Anda tidak memerlukannya.
§ Jagalah kebersihan dankesehatan hewan piaraan Anda. 
Berikan imunisasi yang memadai kepada mereka. Pisahkan dengantegas barang-barang yang dipakai hewan dengan yang dipakai anggota keluargaAnda. Bersihkan kotoran dan kandang mereka dengan teratur menggunakan sabun dandesinfektan.
Sumber Data : beberapa Majalah Kesehatan. 

Hindari kontak denganbinatang liar yang mungkin membawa penyakit berbahaya.
§  Tikus dapat membawapenyakit pes dan leptospirosis. Burung dan ayam liar dapat membawa virus fluburung. Kucing dan anjing liar dapat menularkan rabies.
Tubuh Anda akan memiliki sistem imun yang lebih baik denganmengkonsumsinya. Bila sistem imun Anda lemah, konsultasikan dengan dokter agarmendapatkan pengobatan yang dapat meningkatkannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar